Home / Berita / ASEAN Goes to School (AGtS)

ASEAN Goes to School (AGtS)

ASEAN Goes to School

Menyambut terbentuknya Komunitas ASEAN tahun 2015, Direktorat Jenderal Kerjasama Asean Kementrian Luar Negeri bekerjasama dengan Universitas Wisnuwardhana Malang dan Dinas Pendidikan Kota Malang mengadakan acara ASEAN GO TO SCHOOL. Acara ini merupakan langkah awal untuk mensosialisasikan Komunitas Asean kepada pelajar SMA/SMK/MA se-Kota Malang untuk mengenal lebih jauh tentang Komunitas ASEAN.

Komunitas ASEAN merupakan kerjasama anggota ASEAN mencakup tiga pilar, yaitu komunitas politik keamanan, komunitas ekonomi, dan komunitas sosial budaya yang saling berkesinambungan dan saling mendorong dalam rangka mendukung terciptanya perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan bersama di kawasan ASEAN. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan kontribusi dalam mewujudkan Komunitas ASEAN yang berorientasi kepada rakyat dan memiliki tanggung jawab secara sosial untuk mencapai solidaritas dan persatuan di antara bangsa-bangsa dan rakyat ASEAN dengan menumbuhkan kesamaan identitas dan membangun masyarakat yang saling peduli dan berbagi yang dapat meningkatkan taraf hidup, mata pencaharian, serta kesejahteraan rakyat di kawasan ASEAN.

Untuk mewujudkan itu semua, Indonesia perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Salah satu contoh persiapan itu adalah dengan menggandeng aperguruan tinggi yang ada di Indonesia untukĀ  membantu mensosialisasikan tentang ASEAN kepada masyarakat. Universitas Wisnuwardhana Malang menggandeng Dinas Pendidikan Kota Malang untuk mewujudkan langkah tersebut dengan mengundang siswa-siswa SMA/SMK/MA se-Kota Malang untuk bersama-sama mengenal Komunitas ASEAN.

Bapak Sugiharto selaku Kepala Bidang Pendidikan Menengah pun sangat mengapresiasi acara ASEAN GOES TO SCHOOL ini. Beliau beranggapan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat penting dilakukan. Mengingat bahwa pealajar adalah tonggak masa depan bangsa yang tentunya harus mulai dipersiapkan agar kelak mampu mendukung Komunitas ASEAN. Selain itu, beliau juga menyerukan untuk mendukung ASEAN dengan mengadakan kegitan-kegitan yang sesuai dengan program-progran ASEAN.

Materi sosialisasi Menuju Komunitas ASEAN 2015 yang disampaikan langsung oleh bapak Wisnu Edi Pratignyo selaku Kepala Direktorat jenderal Kerjasama Malang tersebut berusaha mengupas tuntas mengenai Komunitas ASEAN serta tujuan dan program-program yang akan dilaksanakan. Selama penyampaian materi, para siswa pun menyambut gembira acara ini. Mereka terlihat serius dan aktif dalam menerima materi serta kritis dalam memberikan tanggapan.

Rektor Universitas Wisnuwardhana Malang, Prof. Dr. H. Suko Wiyono menambahkan, bahwa acara ini merupakan wujud konkrit lembaga pada masyarakat dengan ikut mensosialisasikan Komunitas ASEAN. Selain itu, acara ini merupakan media untuk memperkenalkan Lembaga Pendidikan Universitas Wisnuwardhana Malang yang mampu bersaing kepada masyarakat luas. Beliau berharap acara ini tidak berhenti sampai disini saja. Tetapi akan terus berkelanjutan, misalnya dengan meengadakan kegiatan Cerdas Cermat ASEAN dan juga kerjasama bidang kesehatan lain demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Loading