MEMINIMALKAN KESALAHAN KONSEP PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN GESTURE PRODUKTIF PADA SISWA SMP
MEMINIMALKAN KESALAHAN KONSEP PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN GESTURE PRODUKTIF PADA SISWA SMP oleh Anton Prayitno dan Dewi Tri Wulandari.
ABSTRAK: Memang tidak mudah membawa para siswa mampu memahami konsep dan makna pecahan sehingga diperlukan suatu perubahan cara mengajar yang dilakukan oleh guru yang dikarenakan mungkin pengetahuan yang masih terbatas sehingga guru selalu menggunakan cara yang sama dari waktu. Untuk mengantisipasi masalah ini maka perlu dicarikan suatu formula pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika khususnya pada pecahan. Para guru hendaknya terus berusaha menyusun dan menerapkan berbagai cara variansi agar siswa tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran matematika salah satunya melalui metode penemuan terbimbing. Dari data diatas diperoleh bahwa kesalah siswa dalam konsep dan penyelesaian masalah 13%, ini artinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada saat belajar operasi pecahan dan penyelesaian masalah dapat diminimalkan dengan pembelajaran penemuan terbimbing. Pembelajaran penemuan terbimbing, yang dikaji dalam penelitian ini adalah menyajikan informasi dengan mengamati bentuk manipulasi objek, membuat konjektur, menjelaskan, dan mengevaluasi.
Kata Kunci: pembelajaran penemuan terbimbing, gesture, pecahan.