Home / RUBRIK / MENENTUKAN KEUNGGULAN RISET KAMPUS

MENENTUKAN KEUNGGULAN RISET KAMPUS

JAKARTA- Setiap Perguruan Tinggi (PT) diharapkan bisa menghasilkan penelitian yang bisa dimafaatkan bagi masyarakat luas. Dengan begitu, iklim riset di Indonesia bisa berjalan secara konduksif.

Untuk bisa menghasikan penelitian sesuai dengan kebutuhan, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) melakukan pemetaan yang bertujuan untuk mengetahui keunggulan riset di perguruan tinggi.

“Para peneliti jangan hanya melamun. Tapi bisa melakukan penelitian yang bermanfaat. Pemetaan ini menjadi tindak lanjut dalam pengembangan penelitian,” tegas Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Muhammad Dimyati di Gedung Dikti, Jumat (13/5/2016).

Tujuan pemetaan tersebut untuk mengetahui kekuatan riset di setiap perguruan tinggi. Dengan begitu kita dapat mengetahui bidang apa yang bisa dihasilkan perguruan tinggi dalam riset yang mereka.

“Pemetaan tersebut akan diselesaikan tahun ini supaya dunia penelitian di Indonesia bisa semakin produktif,” tandasnya.

Dunia riset Tanah Air sendiri menghadapi berbagai masalah seperti minimnya anggaran, kurangnya SDM produktif, hingga ketersediaan sarana dan prasarana. (afr)

Diakses dari: http://news.okezone.com/read/2016/05/13/ 65/ 1387557/ menentukan-keunggulan-riset-kampus..