Home / Berita / MENEGUHKAN PANCASILA, MENYONGSONG ERA BARU KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

MENEGUHKAN PANCASILA, MENYONGSONG ERA BARU KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

Unidha-Malang. Webinar series Universitas Wisnuwardhana (UNIDHA) Malang kali ini (24/06) sukses menghadirkan Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. sebagai pembicara. Guru besar sejarah politik Universitas Negeri Malang tersebut berada dalam satu forum  narasumber dengan Prof.Dr. Wasino, M.Hum dari Universitas Negeri Semarang (UNNES). Selain itu, hadir juga Kepala Pusat Studi Pancasila Universitas Gadjah Mada (PSP UGM) Agus Wahyudi, M.A., Ph.D dan Kepala Pusat Studi Pancasila dan Konstitusi UNIDHA,  Andhika Yudha Pratama, M.Sc. secara bergantian memberikan paparan materi mengena tema webinar.

Mengusung tema Meneguhkan Pancasila, Menyongsong Era Baru Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, webinar ini berhasil meraup antusiasme lebih dari 1000 peserta. Webinar yang juga ditayangkan melalui live streaming youtube ini menjadi forum krusial untuk membahas dinamika Pancasila sebagai ideologi bangsa. Ditengah-tengah kondisi bangsa yang sedang mengalami berbagai penyesuian kehidupan guna merespon masa pandemi ini perlu untuk memperkuat wacana agar tidak terjadi gagap dalam menghadapi perubahan.

Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. membuka sesi webinar dengan materi: Pancasila dan Masa Depan. Dalam paparannya, beliau banyak memberikan pendalaman materi mengenai historitas Pancasila. Kiranya hal ini penting guna meluruskan sejarah Pancasila yang kini tengah banyak disorot oleh masyarakat.

Pemateri kedua oleh Prof.Dr. Wasino, M.Hum. cukup apik membawakan materi: Meneguhkan Pancasila Dalam Menyongsong Era Baru Menghadapi Wabah COVID-19.Guru besar sejarah sosial UNNES ini fokus membahas segala seluk-beluk masalah sosial masyarakat selama pandemi, termasuk tantangan Pancasila dalam mengarungi kehidupan berbangsa dan bernegara. Beliau juga menegaskan bahwa gotong-royong antar masyarakat sangat diperlukan saat ini.

Materi tersebut dilanjutkan oleh Andhika Yudha Pratama, M.Sc (Kepala Pusat Studi Pancasila dan Konstitusi UNIDHA) yang turut menegaskan bahwa perubahan dalam masyarakat adalah sebuah keniscayaan. Sikap adaptasi yang baik adalah kunci untuk mampu menghadapi segala perubahan jaman. Dalam paparanya, Andhika Yudha Pratama, M.Sc. juga menegaskan bahwa Pancasila sebagai ideologi terbuka sangat relevan sebagai landasan tata kehidupan baru berbangsa dan berneagra.

Paparan materi ditutup oleh Agus Wahyudi, Ph.D (Kepala PSP UGM) yang intens memberikan pemahaman bahwa Pancasila adalah ideologi pemersatu bangsa. Dengan judul materi: Membumikan Pancasila Di Era Baru, beliau secara komprehensif menjelaskan pentingnya Pancasila dalam sebuah society dalam menghadapi kenyataan berupa multikulturalisme. Maka dari itu, implementasi nilai-nilai Pancasila harus terus digelorakan dalam setiap sendi sosial, ekonomi, politik, dan budaya.  (dik-red)  \

Live kegiatan ini bisa dilihat di bawah ini.

Materi bisa diakses melalui laman ini: http://conference.wisnuwardhana.ac.id/registrasi-webinar-pancasila/