Home / Berita / TURBULENSI ERA NEW NORMAL DALAM PERSPEKTIF TEKNIK

TURBULENSI ERA NEW NORMAL DALAM PERSPEKTIF TEKNIK

Unidha-Malang.  Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana Malang mengadakan webinar series 2020 dengan tema “Turbulensi Era New Normal dalam Perspektif Teknik” pada 27 Juni 2020 melalui aplikasi Zoom dan live Streaming Youtube.

Kegiatan yang diikuti oleh + 1000 peserta ini menghadirkan beberapa narasumber. Diantaranya  Ir. Sarbini, M.T. (Praktisi dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana Malang), Ir. A.N. Afandi, S.T., M.T., Ph.D  (Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik UM Malang), Dr. Eng. Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T., (Dosen Teknik Industri  Universitas Islam Negeri  Sunan Kalijogo Yogyakarta), dan Denny Trias Utomo, S.Si., M.T. (Dosen Teknik Informatika Politeknik Negeri Jember)

Materi pertama disampaikan oleh ), Ir. A.N. Afandi, S.T., M.T., Ph.D. Beliau menyampaikan tentang Natural Intelligent Learning Adoption dalam Kontek Pengembangan Artificial Salmon Tracking Algorithm (ASTA). Beliau menjelaskan bahwa revolusi industry berikutnya adalah  sebuah sistem otonom yang bisa beradaptasi dan perkembangannya dipengaruhi oleh ketersediaan metode. Salah satu upaya untuk menambah ketersediaan metode adalah dengan memahami berbagai macam fenomena alam. Karena sistem komputasi juga dapat dipelajari dari fenomena alam. Sebagai mana siklus hidup salmon yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam algoritma komputer. Dan dapat diaplikasikan pada sistem tenaga listrik, penyediaan energi, optimasi emisi, dan distribusi daya.

Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Ir. Sarbini, M.T. Beliau menyampaikan tentang Industrial Leadership pada masa Covid dan New Normal. Dalam paparannya, beliau lebih menekankan pada sesuatu yang harus dilakukan oleh leader  di masa pandemi ini. Misalnya, berkaitan dengan tehnis. Di dalam tehnis, leader harus mengorganisir untuk merespon efek krisis corona, berkomunikasi secara efektif : memelihara keterbukaan dan update langkah langkah penanganan problem, memunculkan rasa emphaty, dan berfikir dengan tenang, optimis terukur dan membuat keputusan ditengah krisis dan mental pemimpin.

Selain itu, beliau juga membahas apa yang harus dilakukan oleh leader pada organisasinya. Diantaranya, waktunya menyalip di tikungan ( ilustrasi truk tronton dengan mobil karimun), jemput bola dengan menjumpai customer, perbesar porsi Digitalisasi dalam komunikasi dan services, mulai dari sederhana saling menjualkan barang teman lewat WA, Instagram , link,twiiter, kolaborasi sesama bisnis atau bisnis searah, berani Berfikir dan bertindak Tidak Normal pada saat Tidak Normal ( case menaikan harga), bangun cintai dan beli produk dalam negri karena kita pasar yg besar , dan bangkitnya eksport akan lamban karena seluruh dunia melambat.

Materi ketiga disampaikan oleh Dr. Eng. Cahyono Sigit Pramudyo, S.T., M.T. Beliau menjelaskan tentang Rantai Pasok pada era New Normal. Pada kesempatan ini beliau menjelaskan apa yang dimaksud dengan rantai pasok meliputi Supplier, Manufacturer, Distribution System, dan Customer. Dalam masa New normal ini, maka ada banyak kebijakan yang dirubah dalam rantai pasok tersebut. Salah satu contoh dalam supplier seperti Membatasi kunjungan tamu dari luar, termasuk DOMINANT OF FLOW OF DEMAND AND DESIGN INFORMATION tidak memperbolehkan pekerja, tamu,  pengunjung yang sakit (terutama deman dan flu untuk masuk ke area perusahaan) harus diberlakukan.

Materi terakhir disampaikan oleh Denny Trias Utomo, S.Si., M.T. (Dosen Teknik Informatika Politeknik Negeri Jember). Beliau menyampaikan tentang Kecerdasan Bisnis pada Era New Normal. Implementasi dalam kecerdasan berbisnis pada era new normal ini meliputi operation and maintenance, testing and kick-off, data visualization, user interface, data processing, modeling, data collection, cleaning, mapping, intregation, applications, data analysis, Bussines needs and priorities identification. (ron-red)

Live kegiatan ini dapat disaksikan di bawah ini.

Materi dapat diunduh di link berikut: http://conference.wisnuwardhana.ac.id/webinar-ft-unidha-2020/