Home / PENDAFTARAN KIP-KULIAH 2022

PENDAFTARAN KIP-KULIAH 2022

Tata cara pendaftaran KIP Kuliah melalui Seleksi Mandiri Universitas Wisnuwardhana Malang secara daring adalah sebagai berikut:

TAHAP 1

  1. Calon mahasiswa login ke laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/  atau di KIP Kuliah mobile apps.
  2. Calon mahasiswa menginput NIK, NISN, NPSN dan alamat email (Validasi NIK, NISN dan NPSN akan dilakukan oleh DAPODIK KemdikbudRistek).
  3. Validasi NISN dan KIP oleh SIPINTAR KEMDIKBUDRISTEK. Selain itu  Validasi NIK dan bantuan sosial juga dilakukan oleh DTKS KEMENSOS via PUSDATIN KEMDIKBUDRISTEK.
  4. Jika NIK, NISN, dan NPSN dinyatakan Valid, Calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses. Yang kemudian digunakan untuk login.
  5. Lengkapi data dan dokumen pada menu biodata, keluarga, ekonomi, rumah, asset, prestasi, dan rencana.
  6. Calon mahasiswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah, dengan tahapan: Klik Menu Seleksi => Daftar Seleksi Mandiri PTS => Pada Pilihan Perguruan Tinggi, Pilih Universitas Wisnuwardhana Malang atau masukkan Kode Perguruan Tinggi Unidha Malang 071028 =>  Pilih Dua Prodi yang diinginkan  => Klik Proses selanjutnya => Centang Pakta Integritas => simpan seleksi => OK. Selanjutnya Pendaftar dapat mengunduh dan mencetak Kartu Peserta dan Formulir. Kartu peserta ini digunakan untuk mendaftar di Universitas Wisnuwardhana Malang.
  7. Calon mahasiswa selanjutnya mengikuti seleksi PT sesuai jalur masuk yang dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Masuk Universitas Wisnuwardhana Malang (Tahap 2).

TAHAP 2

Calon mahasiswa yang telah menyelesaikan pendaftaran KIP Kuliah di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/  (Tahap 1), selanjutnya mengikuti proses Tahap 2 sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa ke website pendaftaran : https://wisnuwardhana.siakadcloud.com/spmbfront/  
  2. Klik Daftar Sekarang dan silakan memilih jalur KIP Kuliah, Klik Daftar.
  3. Lengkapi isian data meliputi: jalur pendaftaran, isian data diri, asal sekolah, dan pilihan program studi sesuai pilihan pada KIP Kuliah Kemdikbud. Jika sudah terisi semua, silakan klik Daftar Sekarang => Centang pernyataan kebenaran data yang diisi => Klik Konfirmasi Pendaftaran.
  4. Anda akan mendapatkan ID Pendaftaran dan PIN yang akan digunakan untuk login pengisian data Tahap 3.

TAHAP 3

Pendaftar login menggunakan ID dan PIN yang diperoleh pada Tahap 2, selanjutnya Klik Masuk, dan melengkapi data meliputi:

  1. Biodata diri, 
  2. Mengunggah (upload) berkas administrasi (maksimal size per file 2MB), meliputi:
    • Kartu peserta dan formulir pendaftaran program KIP Kuliah yang dicetak dari laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
    • Pas Foto berwarna
    • Scan warna Ijasah bagi lulusan Tahun 2021,dan bagi lulusan 2022  Scan warna Ijasah /Scan Surat Keterangan Lulus (SKL)
    • Scan Rapor semester 1  s.d 6 (dalam 1 file)
    • Scan  KIP/KKS/PKH/Surat Keterangan Tidak Mampu.
    • Scan KTP dan  Kartu Keluarga (KK)
    • Scan Rekening Listrik Ortu/Wali bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik),  Scan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari Orang tua/Wali-nya.
    • Foto Kondisi Rumah tampak depan, dapur, dan kamar mandi (dalam satu file pdf.)
    • Scan bukti prestasi (Sertifikat), dan bukti keaktifan di organisasi sekolah jika ada (dalam satu file pdf.)
  3. Melakukan Finalisasi data Pendaftar.

Pengumuman  hasil seleksi dan Penetapan Penerima Program  KIP Kuliah diumumkan di laman resmi Universitas Wisnuwardhana Malang www.wisnuwardhana.ac.id

Selamat berjuang!